Selasa, 23 November 2010

Sekilas Tentang Knowledge Management

Knowledge Management (KM), bisa kita artikan dengan manajemen pengetahuan.
Apakah itu manajemen pengetahuan ?
Manajemen, ialah suatu cara untuk merencanakan, mengumpulkan dan mengorganisir,
memimpin dan mengendalikan sumber daya untuk suatu tujuan.
Sedangkan pengetahuan adalah data dan informasi yang digabung dengan kemampuan,
intuisi, pengalaman, gagasan, motivasi dari sumber yang kompeten. Sumber
pengetahuan bisa berupa banyak bentuk, contoh, Koran, majalah, email, e-artikel,
mailing list, e-book, kartu nama, iklan, dan manusia.
Jadi untuk pengertian manajemen pengetahuan adalah merencanakan, mengumpulkan
dan mengorganisir, memimpin dan mengendalikan data dan informasi yang telah
digabung dengan berbagai bentuk pemikiran dan analisa dari macam-macam sumber
yang kompeten.
Menurut www.km-forum.org KM adalah suatu disiplin ilmu yang digunakan untuk
meningkatkan performa seseorang atau organisasi, dengan cara mengatur dan
menyediakan sumber ilmu yang ada saat ini dan yang akan datang. Jadi KM bukanlah
suatu fenomena baru, tetapi merupakan suatu cara yang menerapkan integrasi antara
teknologi dengan sumber pengetahuan yang kompeten.

Aliran Pengetahuan dan Interaksinya
Mengatur suatu pengetahuan adalah suatu kebiasaan atau habit. Ketika suatu proses,
keadaan dan aktivitas suatu bisnis para pelaku KM cenderung menggunakan suatu
metode dalam menganalisanya. Dalam proses analisa terdapat sesuatu yang dinamakan
siklus/aliran pengetahuan (Knowledge flow).

• Penciptaan pengetahuan (creation)
Tahap memasukkan segala pengetahuan yang baru kedalam sistem, termasuk
juga pengembangan pengetahuan dan penemuan pengetahuan.
• Penyimpanan pengetahuan (retention)
Ini adalah tahap penyimpanan pengetahuan kedalam sistem agar pengetahuan
selalu awet. Proses ini juga menjaga hubungan antara pengetahuan dengan
sistem.
• Pemindahan pengetahuan (transfer)
Menyangkut dengan aktifitas pemindahan pengetahuan dari satu pihak ke pihak
lain. Termasuk juga dengan komunikasi, penerjemahan, konversi, penyaringan
dan pengubahan.
• Penggunaan pengetahuan (utilization)
Kegiatan yang berhubungan dengan aplikasi pengetahuan sampai pada proses
bisnis, termasuk dalam tahap penggunaan pengetahuan.

Bagaimana Membuat Suatu KM?
1. Bangun infrastruktur dengan teknologi yang tepat
Teknologi yang tepat, bukan berarti teknologi yang digunakan adalah teknologi
tinggi. Tepat berarti sesuai dengan kebutuhan, sesuai dengan usaha yang anda
lakukan sekarang dan tidak membuang-buang biaya. Teknologi ini bisa saja
seperti komputer dan jaringan internet, lihat kembali di alat-alat pengetahuan.
2. Bangun sebuah infrastruktur konseptual dengan tulang punggung kompetensi
Teknologi yang tepat juga tidak akan berguna apabila anda tidak mempunyai
konsep atau visi yang sesuai dengan tujuan perusahaan. Dan tulang punggung
yang kompeten adalah orang-orang yang mempunyai ilmu, keahlian,
pengalaman, kecepatan bertindak, dan bersosialisasi.
3. Buat suatu tempat penyimpanan dan hal-hal yang menyangkutnya
Tempat penyimpanan bisa saja berupa gudang, perpustakaan, arsip, database,
file. Dan dibantu dengan alat-alat yang mempermudah pencarian.
4. Ciptakan standar tinggi untuk kualitas dan kegunaannya
Anda harus membuat suatu aturan, yaitu hanya ilmu yang berguna sajalah yang
akan anda disimpan di gudang pengetahuan anda, jangan sampai sampah
informasi juga anda masukkan kedalamnya. Dan pastikanlah kalau aturan ini
sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Sumber : Artikel Populer IlmuKomputer.Com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar